Seberapa Penting NDT bagi Industri Penerbangan......???
Dalam
industri kedirgantaraan, NDT dapat membuat perbedaan antara hidup dan
mati. Komponen Pesawat diperiksa sebelum dirakit menjadi pesawat dan
kemudian secara berkala diperiksa sepanjang masa baktinya. Tiap bagian
Pesawat dirancang seringan maungkin, tapi tetap harus bisa menjalankan
fungsinya denga baik. Oleh karena itu, komponen–komponen yang ada di
pesawat umumnya menahan beban yang relative tinggi terhadap kekuatan
material itu sendiri. Sebuah cacat yang kecil sekalipun dapat
menyebabkan kegagalan fungsi komponen tersebut.
Karena pesawat dioperasikan CYCLLED
(loading unloading) ketika dia terbang, landing, taxi, dan cabin yang
pressurized, banyak komponen yang renta terhadap crack yang disebabkan
fatigue (fatigue crack) setelah sekian lama komponen itu digunakan. Kalo
Agan gak familiar dengan istilah “fatigue crack” coba amati
kalau kita membengkokkan kawat baja seacra bolak-balik, tekuk
kekiri-kanan-kiri-kanan,,,,, apa yang terjadi?? Kawat itu akan patah.
Itu gambaran sederhana dari fatigue. Bahkan ketika suatu komponen
dibebani dengan beban yang ringan jauh dibawah kemampuan benda tersebut
menahan beban, tetap aja dapat mengakibatkan fatigue crack setelah
penggunaanya dalam jangka waktu yang lama. Inilah yang terjadi di dalam
pesawat terbang. Setelah penggunaan beberapa lama, fatigue crack mulai
tumbih pada beberapa komponen.
Crack
juga dapat timbul karena pemicu lain seperti sambaran petir, hard
landing, dan lain sebagainya. Walaupun pesawat memiliki system
perlindungan terhadap sambaran petir, tapi kadang-kadang juga terjadi
crack pada titik sambaran petirnya, contohnya dapat dilihat pada Gambar
xxx.
Masalah
lain yang dimiliki pesawat adalah serangan korosi. Ketika pesawat
landing, kemudian pramugari cantik membuka pintu pesawatnya, celah-celah
kecil pada bagian dalam pesawat sering terisi oleh uap air yang hangat. Ketika pesawat mengudara, dan mencapai ketinggian tertentu, skin
dari pesawat menjadi sangat dingin karena pengaruh temperature udara
luar yang bisa mencapai puluhan derajat dibawah Nol. Hal ini menyebabkan
munculnya uap air dalam pesawat yang terkondensasi pada permukaan skin bagian dalam. Air akan terkumpul pada bagian bawah pesawat dan menjadi elektrolit yang memicu terjadinya korosi.
Berita
baiknya adalah pesawat dirancang untuk menahan kemungkinan crack serta
serangan korosi tanpa harus menyita perhatian para mekanik. Proses yang
ketat diterapkan dalam perancangan pesawat yang memungkinkan suatu
komponen diberi toleransi kerusakan sebelum komponen tersebut
benar-benar gagal beroperasi. Bahkan ketika komponen itu mengalami
kegagalan ketika difungsikan, hal tersebut tidak secara signifikan
mempengaruhi performa pesawat ketika beroperasi. Disini peran NDT
dibutuhkan. Tugas dari Inspektor NDT adalah menemukan kerusakan komponen
tersebut sebelum kerusakannya melewati batas toleransi dan menimbulkan
masalah besar.
Metode NDT Apa Yang Digunakan......???
Lebih
dari 80 persen inspeksi pada pesawat menggunakan metode visual. Secara
berkala para inspector menginspeksi bermacam komponen pada pesawat
terhadap tanda-tanda kerusakan. Selama menjalani heavy maintenance,
banyak interior pesawat yang dicopot supaya inspector bisa melihat
kerusakan pada bagian dalam pesawat. Tapi tetep aja gak semua area bisa
diakses dengan inspeksi visual dan gak semua kerusakan dapat dideteksi
dengan metode itu. Oleh karena itu NDT memainkan peran penting dalam
memeriksa pesawat terbang secara menyeluruh.
Metode
NDT memungkinkan para Inspektor untuk menginspeksi area pada peswat
yang sulit tanpa harus membongkar struktur untuk mendapatkan akses ke
area inspeksi. Metode NDT juga memungkinkan para inspector untuk
mendetaksi kerusakan yang relative kecil untuk dideteksi menggunakan
metode visual. Metode eddy current dan ultrasonic testing digunakan
secara luas untuk mendeteksi crack kecil yang sulit dideteksi dengan
metode lain. Teknik ini juga digunakan untuk mengukur ketebalan skin
pesawat dari sisi luar dan juga dapat mendeteksi penipisan lapisan
akibat korosi pada permukaan skin bagian dalam. Beda lagi dengan X-Ray,
teknik ini digunakan untuk menemukan cacat yang terkubur dalam struktur
dan untuk menemukan lokasi dimana air telah meresap pada suatu struktur.
Makanya gan…. Metode-metode tersebut membutuhkan tenaga professional
yang mampu melaksanakan inspeksi dengan beberapa teknik NDT untuk
mendapatkan hasil yang akurat tentang kondisi pesawat yang diperiksanya.
Jadi
gak salah dong kalo saya mengatakan bahwa keberhasilan industri pesawat
terbang terganntung pada NDT?? Tanpa adanya NDT, biaya perawatan psawat
dan operasional alan meningkat drastic, sementara safety-nya malah menurun. NDt memainkan peranan penting dalam menjaga model transportasi udara sebagai model transportasi yang aman.
___Pustaka___
- www.ndt-ed.org
- www.flightstar.com
Show Conversion Code Hide Conversion Code Show Emoticon Hide Emoticon