NDT Pada Industri Penerbangan

Seberapa Penting NDT bagi Industri Penerbangan......???

Dalam industri kedirgantaraan, NDT dapat membuat perbedaan antara hidup dan mati. Komponen Pesawat diperiksa sebelum dirakit menjadi pesawat dan kemudian secara berkala diperiksa sepanjang masa baktinya. Tiap bagian Pesawat dirancang seringan maungkin, tapi tetap harus bisa menjalankan fungsinya denga baik. Oleh karena itu, komponen–komponen yang ada di pesawat umumnya menahan beban yang relative tinggi terhadap kekuatan material itu sendiri. Sebuah cacat yang kecil sekalipun dapat menyebabkan kegagalan fungsi komponen tersebut. 

Karena pesawat dioperasikan CYCLLED (loading unloading) ketika dia terbang, landing, taxi, dan cabin yang pressurized, banyak komponen yang renta terhadap crack yang disebabkan fatigue (fatigue crack) setelah sekian lama komponen itu digunakan. Kalo Agan gak familiar dengan istilah “fatigue crack” coba amati kalau kita membengkokkan kawat baja seacra bolak-balik, tekuk kekiri-kanan-kiri-kanan,,,,, apa yang terjadi?? Kawat itu akan patah. Itu gambaran sederhana dari fatigue. Bahkan ketika suatu komponen dibebani dengan beban yang ringan jauh dibawah kemampuan benda tersebut menahan beban, tetap aja dapat mengakibatkan fatigue crack setelah penggunaanya dalam jangka waktu yang lama. Inilah yang terjadi di dalam pesawat terbang. Setelah penggunaan beberapa lama, fatigue crack mulai tumbih pada beberapa komponen. 

Crack juga dapat timbul karena pemicu lain seperti sambaran petir, hard landing, dan lain sebagainya. Walaupun pesawat memiliki system perlindungan terhadap sambaran petir, tapi kadang-kadang juga terjadi crack pada titik sambaran petirnya, contohnya dapat dilihat pada Gambar xxx.


 
Masalah lain yang dimiliki pesawat adalah serangan korosi. Ketika pesawat landing, kemudian pramugari cantik membuka pintu pesawatnya, celah-celah kecil pada bagian dalam pesawat sering terisi oleh uap air yang hangat. Ketika pesawat mengudara, dan mencapai ketinggian tertentu, skin dari pesawat menjadi sangat dingin karena pengaruh temperature udara luar yang bisa mencapai puluhan derajat dibawah Nol. Hal ini menyebabkan munculnya uap air dalam pesawat yang terkondensasi pada permukaan skin bagian dalam. Air akan terkumpul pada bagian bawah pesawat dan menjadi elektrolit yang memicu terjadinya korosi.

Berita baiknya adalah pesawat dirancang untuk menahan kemungkinan crack serta serangan korosi tanpa harus menyita perhatian para mekanik. Proses yang ketat diterapkan dalam perancangan pesawat yang memungkinkan suatu komponen diberi toleransi kerusakan sebelum komponen tersebut benar-benar gagal beroperasi. Bahkan ketika komponen itu mengalami kegagalan ketika difungsikan, hal tersebut tidak secara signifikan mempengaruhi performa pesawat ketika beroperasi. Disini peran NDT dibutuhkan. Tugas dari Inspektor NDT adalah menemukan kerusakan komponen tersebut sebelum kerusakannya melewati batas toleransi dan menimbulkan masalah besar.

Metode NDT Apa Yang Digunakan......??? 

Lebih dari 80 persen inspeksi pada pesawat menggunakan metode visual. Secara berkala para inspector menginspeksi bermacam komponen pada pesawat terhadap tanda-tanda kerusakan. Selama menjalani heavy maintenance, banyak interior pesawat yang dicopot supaya inspector bisa melihat kerusakan pada bagian dalam pesawat. Tapi tetep aja gak semua area bisa diakses dengan inspeksi visual dan gak semua kerusakan dapat dideteksi dengan metode itu.  Oleh karena itu NDT memainkan peran penting dalam memeriksa pesawat terbang secara menyeluruh. 



Metode NDT memungkinkan para Inspektor untuk menginspeksi area pada peswat yang sulit tanpa harus membongkar struktur untuk mendapatkan akses ke area inspeksi. Metode NDT juga memungkinkan para inspector untuk mendetaksi kerusakan yang relative kecil untuk dideteksi menggunakan metode visual. Metode eddy current dan ultrasonic testing digunakan secara luas untuk mendeteksi crack kecil yang sulit dideteksi dengan metode lain. Teknik ini juga digunakan untuk mengukur ketebalan skin pesawat dari sisi luar dan juga dapat mendeteksi penipisan lapisan akibat korosi pada permukaan skin bagian dalam. Beda lagi dengan X-Ray, teknik ini digunakan untuk menemukan cacat yang terkubur dalam struktur dan untuk menemukan lokasi dimana air telah meresap pada suatu struktur. Makanya gan…. Metode-metode tersebut membutuhkan tenaga professional yang mampu melaksanakan inspeksi dengan beberapa teknik NDT untuk mendapatkan hasil yang akurat tentang kondisi pesawat yang diperiksanya.

Jadi gak salah dong kalo saya mengatakan bahwa keberhasilan industri pesawat terbang terganntung pada NDT?? Tanpa adanya NDT, biaya perawatan psawat dan operasional alan meningkat drastic, sementara safety-nya malah menurun. NDt memainkan peranan penting dalam menjaga model transportasi udara sebagai model transportasi yang aman.

Sumber : http://catatankuliahakbar.blogspot.co.id/2011/03/ndt-pada-industri-penerbangan.html
___Pustaka___
  • www.ndt-ed.org 
  • www.flightstar.com
Previous
Next Post »
Thanks for your comment